Skip to main content

XIAOMI NOTE PRO Stock ROM

Prinsip Dasar
Mari kita mulai dengan konsep inti. Karena kebanyakan dari kita sudah tahu, komputer memerlukan perangkat lunak sistem tertentu yang disebut sistem operasi - atau OS singkatnya - untuk beroperasi. Beberapa contoh banyak digunakan desktop, laptop & Server sistem operasi adalah Windows, Mac OS X dan Linux, sedangkan sistem operasi mobile populer termasuk Android, Apple iOS, Windows Phone 7, HP / Palm Web OS, BlackBerry OS dll Sebagian elektronik konsumen modern seperti TV digital, oven microwave, set-top box dll juga perlu sistem operasi berfungsi tetapi biasanya, yang hanya melibatkan loading sistem operasi dan menjalankannya dengan cara yang telah ditetapkan. Yang membawa kita ke ROM.

















A.Definisi teknis dari ROM
ROM adalah singkatan dari Read-Only Memory dan secara teknis, itu mengacu pada penyimpanan internal perangkat, yang seharusnya berisi petunjuk sistem operasi yang tidak perlu diubah sama sekali selama operasi normal perangkat. Untuk alasan ini, petunjuk tersebut disimpan dalam read-only memory - seperti pada CD non-rewriteable atau DVD - untuk memastikan tidak ada perubahan yang dibuat untuk mereka yang mungkin bisa membuat kerusakan perangkat. Hal ini berbeda dengan hard disk drive, solid state drive atau perangkat penyimpanan flash biasa digunakan oleh komputer pribadi yang memungkinkan akses lengkap baca / tulis bahkan ke tempat penyimpanan yang berisi file sistem operasi.

B.Apa yang dimaksud dengan Firmware
Sistem read-only operasi yang baru saja kita bahas di atas juga disebut 'firmware', karena mereka tinggal tetap di tempatnya tanpa akses modifikasi pada pengguna perangkat. Modifikasi firmware masih Namun mungkin, hanya tidak di bawah penggunaan normal. Banyak perangkat memerlukan perangkat keras yang akan digunakan untuk tujuan sementara perangkat lain memiliki penyimpanan ditetapkan sebagai read-only melalui perlindungan software saja, yang dapat dihapus atau diganti tanpa perlu untuk setiap perangkat keras khusus, hanya dengan menggunakan perangkat lunak yang ditulis untuk tujuan khusus, sering tapi tidak selalu memerlukan koneksi ke komputer.
Dengan demikian, istilah 'sistem operasi' dan 'firmware' keduanya merujuk pada hal yang sama dan dapat digunakan secara bergantian bila diterapkan pada perangkat tersebut.

C.Flashing
memori ROM yang digunakan di smartphone dan tablet dll sering sama dengan memori flash yang ditemukan dalam kartu SD dan USB flash drive, hanya dioptimalkan untuk kecepatan yang lebih baik dan kinerja saat menjalankan sistem operasi. Seperti dijelaskan di atas, read-only di bawah penggunaan normal dan memerlukan prosedur khusus untuk modifikasi harus dibuat untuk isinya. Prosedur memodifikasi atau mengganti isi dari memori flash seperti ini dikenal sebagai flashing. Dengan demikian, dalam istilah awam, flashing pada dasarnya sama seperti menginstal atau memodifikasi firmware dari perangkat yang disimpan pada memori flash dilindungi.
Sekarang bahwa kita memiliki pemahaman tentang konsep teknis, mari kita lanjutkan ke bagian berikutnya.

D.Sistem Operasi Ponsel
Sebelum Anda melanjutkan membaca, itu akan menjadi ide yang baik untuk mendapatkan gambaran dari sistem operasi mobile modern. Untuk tujuan ini, lihat pengantar kami untuk sistem operasi mobile modern.
1. ROM sebagai Sistem Operasi
Ketika datang ke smartphone dan tablet, ROM istilah digunakan untuk merujuk pada firmware yang tersimpan di memori internal perangkat, daripada memori internal itu sendiri. Hal ini juga dapat merujuk ke file yang disiapkan untuk tujuan mengganti firmware ini dengan versi lain dari menggunakan metode khusus.
Jadi, ketika Anda diberitahu oleh seseorang untuk men-download ROM, mereka mengacu pada file yang berisi firmware dalam format siap untuk diinstal ke ponsel Anda untuk mengganti itu firmware yang ada. Demikian pula, ketika ditanya apa ROM adalah menjalankan ponsel atau ketika diberitahu oleh seseorang telepon mereka menjalankan ROM tertentu, mereka kembali berbicara tentang varian tertentu dari firmware.

2.Jenis ROM
Tidak seperti kebanyakan sistem operasi desktop, sistem operasi mobile dapat ditemukan dalam format diinstal dalam berbagai bentuk, yang dapat dikategorikan sebagai berikut. 

3. Stock ROM / firmware:
Ini adalah sistem operasi dalam bentuk default, tanpa modifikasi yang dilakukan untuk itu kecuali untuk dukungan perangkat khusus yang diperlukan untuk menjalankannya pada perangkat tertentu. Sesungguhnya firmware saham memberikan pengalaman pengguna standar sistem operasi tanpa perubahan kosmetik atau fungsional dibuat. Hari-hari ini, benar-benar firmware saham terutama ditemukan dalam kasus di mana perangkat dan sistem operasi yang dibangun oleh perusahaan yang sama. Di antara perangkat mobile modern, contoh firmware saham benar-benar dapat ditemukan di Apple iOS, Palm WebOS perangkat dan beberapa perangkat Android dikirim tanpa modifikasi yang dilakukan pada sistem operasi oleh produsen mereka.

4.Produsen atau pembawa bermerek Stock ROM / Firmware:
Jenis firmware telah memiliki perangkat tambahan ditambahkan selama sistem operasi default oleh produsen perangkat atau operator layanan mobile. Hal ini sering mencakup peningkatan antarmuka, aplikasi proprietary dan dalam kebanyakan kasus, pembatasan dimaksudkan untuk membatasi penggunaan perangkat dengan operator atau wilayah tertentu. Sering ada pembatasan lebih lanjut mencegah instalasi firmware tidak dirilis oleh operator atau produsen.
Sebagian besar perangkat Android dan Symbian termasuk dalam kategori ini, dan begitu juga sebagian besar perangkat Windows Phone 7, tetapi dalam kasus mereka, perubahan yang dibuat dari firmware saham benar-benar adalah minimal dan terbatas pada masuknya aplikasi tambahan saja.

5.Kustom ROM / firmware:
Hampir semua perangkat kapal dengan salah satu di atas dua kategori firmware, meskipun hal-hal tidak berakhir di sana. pengembang independen yang suka menyesuaikan perangkat mereka di luar pilihan standar yang disediakan sering cenderung untuk melepaskan buah dari kerja mereka untuk beristirahat untuk menikmati, dalam bentuk ROM kustom. Lebih terbuka platform, pengembangan lebih independen itu menarik, contoh yang baik dari yang merupakan pengembangan kustom ROM independen untuk Android.
Dalam kasus firmware proprietary seperti iOS dan Windows Phone 7, seringkali sedikit atau tidak ada ruang untuk kustomisasi dari sistem operasi itu sendiri tapi terlepas dari itu, pengembang masih cenderung melepaskan ROM kustom dibundel dengan alat yang berguna dan hacks diterapkan untuk menyediakan fungsionalitas luar fitur saham. Bahkan pembangunan kustom ROM untuk dinyatakan proprietary dan sumber tertutup Windows Mobile Platform mengarah pada pembentukan komunitas pengembangan mobile independen terbesar

E.Stock ROM Vs. Custom ROM
Kedua saham dan adat ROM memiliki kelebihan dan kekurangan mereka dan memilih antara dua memerlukan pertimbangan cermat. Pada bagian ini, kita akan membuat perbandingan antara dua jenis ROM untuk membantu Anda membuat pilihan yang tepat. Mari kita mulai dengan mengambil melihat kelebihan dan kekurangan.
Apakah dicatat bahwa bagian ini ditulis dengan terutama Android (dan sekarang usang Windows Mobile) perangkat dalam pikiran. Namun, banyak dari konsep-konsep ini juga akan berlaku untuk platform smartphone lainnya.
1.Kelebihan & Kekurangan dari ROM Stock
firmware saham adalah hasil dari banyak penelitian dan pengujian yang dilakukan oleh vendor sistem operasi, produsen perangkat dan / atau operator layanan mobile. Oleh karena itu, ia membawa beberapa keuntungan:
Hal ini biasanya cukup stabil pada rilis.
Hampir semua bug yang ditambal selama pengujian beta ekstensif sebelum rilis.
Ini membawa dukungan resmi oleh vendor firmware, produsen perangkat dan operator layanan mobile.
Update didorong secara otomatis ke perangkat oleh operator.
Seiring dengan keuntungan, firmware saham juga membawa kelemahan dan ini termasuk:
Update tidak sering, pengembangan yang dilakukan kebanyakan oleh perusahaan yang harus mengikuti siklus rilis yang dijadwalkan.
Memberikan umpan balik ke produsen dalam kasus masalah apapun adalah baik tidak mungkin, tidak diinginkan (sering dengan perangkat Apple), atau, proses yang membosankan panjang.
Demikian pula, mendapatkan dukungan resmi bisa merepotkan juga, melibatkan proses yang membosankan.
Jika produsen perangkat dan pengembang sistem operasi yang berbeda (seperti halnya dengan Android dan Windows Phone 7), setiap pembaruan dirilis oleh vendor sistem operasi perlu diedit oleh produsen perangkat atau operator seluler untuk menambah kompatibilitas dan software tambahan sebelum rilis . Oleh karena itu, beberapa perangkat mendapatkan update tertunda bulan.
Update sering dirilis pertama di Amerika Serikat, meninggalkan sisa dunia menunggu. (Sebuah dunia tidak terjadi untuk ada di luar Amerika Serikat, kami telah mengkonfirmasi diri kita sendiri!)
Lebih buruk lagi, ketika produsen memilih untuk tidak lagi merilis update resmi untuk perangkat mereka yang lebih tua dalam mendukung yang lebih baru, pengguna mereka pada dasarnya terjebak dengan versi lama dari sistem operasi. Kasus ini terbukti dengan banyak perangkat Android hampir setahun setengah tua.
Beberapa pengembang OS, produsen perangkat atau operator layanan seluler menambahkan pembatasan dalam firmware saham mulai dari mengunci penggunaan perangkat dengan satu jaringan / daerah ke daerah menonaktifkan sideloading aplikasi (kita berbicara tentang Anda, AT & T) tidak tersedia di aplikasi resmi pasar, pembatasan canggih menghapus kesempatan untuk mendapatkan akses root, hanya untuk beberapa nama.

2. Kelebihan & Kekurangan dari ROM Kustom
Kustom ROM adalah sebagai baik atau buruk seperti upaya dimasukkan ke dalamnya oleh pengembang mereka. Keunggulan utama dari ROM kustom adalah:
Pertama dan terpenting, pilihan! Ada ribuan ROM kustom di luar sana untuk berbagai perangkat, masing-masing menawarkan beragam rangkaian fitur yang tidak ditemukan di ROM saham.
frekuensi update - ROM kustom sering di bawah pengembangan aktif dan rilis yang lebih baru dari sistem operasi inti yang tergabung dalam mereka seperti sebelum diperbarui ROM resmi dirilis. Hal ini terutama berlaku dalam kasus perangkat Android, di mana pengembang mulai porting versi yang lebih baru dari Android ke beberapa perangkat segera setelah mereka dilepaskan.
Memberikan umpan balik semudah meninggalkan pesan di forum pengembangan untuk ROM yang bersangkutan, sehingga sangat efisien pelaporan bug.
Mendapatkan dukungan dengan isu-isu di forum juga sama mudah, karena tidak hanya pengembang utama sendiri, tetapi juga pengguna berpengalaman lain dari ROM dari masyarakat senang untuk membantu Anda dengan masalah Anda dan dalam proses, meningkatkan ROM untuk semua orang.
Kustom ROM biasanya memiliki semua pembatasan tambahan dihapus, memungkinkan pengguna untuk sideload aplikasi, menambatkan koneksi data mobile mereka ke komputer mereka tanpa membayar ekstra untuk itu, mendapatkan akses root, menggunakan perangkat mereka di wilayah manapun dll tanpa perlu untuk menghindari perlindungan diri .
peningkatan kinerja dan optimasi ditemukan di banyak ROM kustom dapat membuat mereka lebih cepat daripada ROM saham, memungkinkan pengguna untuk mendapatkan hasil maksimal dari perangkat mereka.
Pilihan overclocking yang dibangun ke dalam beberapa ROM kustom, lanjut mempercepat perangkat.
Pilihan ditemukan di beberapa ROM hasil sisi lain dalam meningkatkan hidup baterai undervolting.
ponsel lama dengan memori internal kecil bisa mendapatkan keuntungan besar dari ROM kustom yang memungkinkan mereka untuk menggunakan memori kartu SD eksternal untuk aplikasi persis seperti yang mereka akan menggunakan memori internal.
Jadi dengan semua keunggulan ini, seharusnya tidak ada alasan untuk tetap dengan ROM saham, kan? Belum tentu! Seperti semua hal dalam hidup, ROM kustom datang dengan kelemahan mereka juga:
Karena kurangnya pengujian ekstensif sebelum rilis, banyak ROM kustom dapat kereta di awal dan menginstal ROM dengan file penting yang hilang atau rusak bahkan dapat bata telepon Anda.
Beberapa ROM kustom yang port dari ROM dari ponsel lain dapat memiliki fungsi yang hilang yang belum dibuat untuk bekerja pada ponsel Anda dengan ROM belum.
Instalasi custom ROM biasanya melibatkan menyeka ponsel Anda ke pengaturan pabrik, sehingga Anda kehilangan data Anda dan mulai dari awal. Untungnya, Android built-in sinkronisasi kontak bersama dengan aplikasi yang menawarkan pesan, log panggilan dan backup aplikasi / restore membuat proses ini lebih mudah, membiarkan Anda menyimpan data Anda.
Proses instalasi itu sendiri dapat menjadi rumit dan mungkin mengharuskan Anda untuk membasmi ponsel dan sering menghindari fitur keamanan untuk memungkinkan instalasi custom ROM di tempat pertama.
Instalasi ROM kustom dalam kebanyakan kasus akan membatalkan garansi ponsel Anda, meskipun sering proses ini reversibel, yang berarti Anda dapat menghidupkan telepon Anda kembali ke saham asalkan tidak bata.
Instalasi ROM ke ponsel Anda mengharuskan Anda untuk root pertama dalam banyak kasus. Sementara rooting kebanyakan ponsel mudah, beberapa ponsel memerlukan prosedur yang rumit yang harus diikuti sebelum Anda dapat menginstal ROM untuk itu dan sering, prosedur tersebut melibatkan risiko bricking perangkat Anda jika ada yang salah.

F.Memilih ROM
Memilih antara stock ROM dan ROM yang dimaksud adalah benar-benar masalah kebutuhan Anda. Jika ROM saham di ponsel Anda memungkinkan Anda melakukan semua yang Anda pernah ingin lakukan dengan telepon Anda dan tidak merasa lambat, tidak ada kebutuhan untuk pergi melalui kesulitan menghindari keamanan ponsel dan menginstal custom ROM untuk itu .
Namun, jika Anda ingin mengambil telepon Anda di luar apa yang saat ini menawarkan, tidak peduli banyak tentang garansi dan siap untuk mengambil risiko apapun yang mungkin terjadi jika ada yang salah untuk dapat menyesuaikan dengan cara yang Anda inginkan, kustom ROM adalah di kali satu-satunya solusi. Pilihlah dengan bijak!
Dalam hal perangkat iOS, ROM lebih sering disebut IPSW (setelah default firmware file instalasi ekstensi) dan custom IPSW biasanya sesuatu yang Anda membuat diri Anda dari stok IPSW menggunakan alat tertentu dan dengan demikian, Anda harus memutuskan apa yang akan dimasukkan di dan apa yang tidak. IPSW yang dihasilkan biasanya sangat mirip dengan saham yang dalam banyak cara, kecuali untuk menjadi dibuka dan Jailbroken, dengan Cydia diinstal. Jika perangkat Anda tidak terkunci dan Anda bisa jailbreak menggunakan metode lain, tidak perlu untuk pergi melalui proses membangun dan menginstal custom IPSW untuk perangkat iOS Anda.
Windows Phone 7 ROM kustom sudah mulai muncul ke permukaan untuk beberapa perangkat juga, dan banyak seperti custom IPSW, kustom Windows Phone 7 ROM hanya varian Jailbroken dari ROM saham dengan aplikasi tambahan beberapa diinstal, sideloading diaktifkan dan beberapa registry hacks diterapkan. Jika Anda tidak memerlukan fitur ini, tidak ada gunanya pergi untuk custom ROM.
Ketika datang ke perangkat Android Namun, ada banyak alasan untuk menginstal ROM kustom karena variasi besar yang ditawarkan oleh mereka, sampai-sampai pengalaman pengguna seluruh ditawarkan oleh perangkat dapat diubah hanya dengan beralih ke ROM yang berbeda.

G.Memilih Custom ROM yang benar
Dengan beberapa ROM kustom yang tersedia untuk sebagian besar perangkat Android, memilih yang tepat tidak selalu mudah. Pertanyaan 'yang merupakan ROM terbaik untuk _____ ponsel / tablet' ini sering mengerutkan kening-upon di forum seperti yang diminta, karena tidak ada jawaban yang universal untuk itu. Salah satu ROM mungkin yang terbaik bagi saya sementara yang lain mungkin cocok untuk Anda yang lebih baik. Satu-satunya solusi adalah dengan banyak membaca, pergi melalui daftar fitur, membaca respon pengguna dan jika diperlukan, mengajukan pertanyaan pengembang di halaman forum untuk ROM. Mencoba menginstal ROM hanya setelah Anda cukup puas bahwa hal tersebut tidak akan membahayakan perangkat Anda sejauh Anda tidak bisa memperbaiki.

H.Sumber
Dengan informasi ini, Anda sekarang harus bisa masuk ke dunia Custom ROM, dan di sini adalah beberapa sumber untuk membantu Anda.
Dalam hal perangkat Android, bagian pertama dari seri kami tentang cara untuk menyesuaikan terlihat dari perangkat Android Anda memiliki pengenalan yang sangat baik untuk menyesuaikan telepon Anda dengan memasang ROM kustom untuk itu dan termasuk link ke panduan rooting, beberapa sumber untuk menemukan Custom ROM dan dua ROM dari pilihan kami: CyanogenMod dan MIUI. Itu harus cukup untuk Anda mulai.
Untuk Windows Phone 7 perangkat, XDA-Developers adalah one-stop shop untuk semua kebutuhan custom ROM Anda. Adapun iPhone, iPad dan pemilik iPod Touch, ada alat yang berbeda di luar sana yang bekerja di kasus yang berbeda, tergantung pada perangkat Anda dan saat iOS & versi baseband kombinasinya. Menggunakan ini sebagai kata kunci, melakukan pencarian cepat di Google dijamin untuk mendapatkan Anda banyak informasi yang berguna

I.Persiapan untuk Flashing
Sayang pengunjung ROM Download, hari ini Mas Teknik akan menjadi panduan bagi tentang cara Flashing atau update firmware menggunakan SP-Flashtool, panduan ini perlu komputer untuk menjalankan update firmware Anda. panduan ini dapat digunakan untuk smartphone atau tablet basis chipset Android Mediatek saja (MT6xxx), jangan mencoba untuk mencoba ini pada perangkat lain. Panduan ini memiliki kemungkinan untuk bata perangkat Anda dan membuat Anda kehilangan IMEI Anda jadi harap melakukan persiapan backup sebelum mengikuti langkah dalam panduan ini.



PERINGATAN!!!

Sebelum Anda mencoba untuk menginstal saham rom dan untuk mencegah kerusakan ponsel Anda, pada awalnya Anda harus menonton TUTORIAL Bagaimana menginstal saham ROM penggunaan SP.Flashtool dan menginstal perangkat lain MT6xxx.

Downloads:
Stock rom / Firmware ↦ berisi semua file yang dibutuhkan untuk unbrick / upgrade perangkat Anda.
USB Driver ↦ Install driver ini pertama pada komputer Anda, driveri akan otomatis installer. atau jika Anda ingin pengguna menginstal kunjungan ke My Computer ↦ Mengelola ↦ Device Manager akan ada MTK6xxx Preloader Perangkat muncul selama 5 detik dari menghilang, sebelum menghilang klik kanan dan pilih Update titik Driver Software untuk USB VCOM driver diekstrak folder. Ketika selesai lepaskan dan hubungkan lagi akan ada Mediatek Preloader USB VCOM Port pada manajer perangkat Anda.



For Flashing XIAOMI Device you get to my Tutorial How About Flashing Xiaomi use Mi PC Suite Or use Mi-FlashTool


Best Regards :
Mas Teknik

Popular posts from this blog

Samsung Galaxy Young GT-S6310 Stock ROM

Flashing/Install Ulang Samsung Galaxy Young GT-S6310 HALO!!! all kali ini saya akan berbagi tips cara flash Samsung Galaxy Young GT-S6310 , mungkin ponsel teman-teman  mulai berat karena banyak sampah-sampah yang masih tersisah pasca install aplikasi dan juga handphone yang mengalami bootloop (softbrick) ringan mungkin masih bisa mengunakan cara factory reset , tapi bagaimana jika masih bootloop ? mungkin harus mengunakan cara flasing , oke langsung saja lihat tutorial nya di bawah ini Melakukan  flash ulang Samsung Galaxy Young GT-S6310 , pastinya bukan bootloop saja yang dapat anda atasi melainkan ada juga masalah lainnya yaitu seperti system aplikasi error, aplikasi berhenti, data seluler tidak bisa dibuka, lemot/lemot, sentuh tidak berfungsi dan juga berbagai masalah lainnya, setelah melakukan flash ulang, Samsung Galaxy Young GT-S6310 akan kembali normal atau seperti pada saat pertama membeli dari pabrik. Sebelum anda melakukan flash  Samsung Galaxy Young

Huawei Y3 (Y360-U61) stock rom

Dear visitor, today Mas Teknik will be share guide about how to un-brick or update firmware using SP-Flashtool , this guide need computer to run the update your firmware . This guide can be use for smartphone or tablet base chipset Android Mediatek only ( MT6xxx ), don’t attempt to try this on other devices. This guide has possibility to brick your device and make you lost your IMEI so please do backup preparations before following the step in this guide. Downloads : Stock rom / Firmware   ↦  contains all required files to unbrick/upgrade your device . USB VCOM Driver  ↦ Install this driver first on your computer, the driver will be auto installer. or if you want manual install visit to My Computer ↦ Manage ↦ Device Manager there will be MTK65xx Preloader Devices show up for 5 second than disappeared, before disappeared right click on it and select Update Driver Software point it to USB VCOM Driver extracted folder. When it finish di

Samsung Galaxy Note 2 N7102 Stock ROM

1 – Technical Details The Very Basics Let’s start off with the core concepts. As most of us already know, computers require certain system software called an operating system – or OS in short – to operate. Some widely used examples of desktop, laptop & server operating systems are Windows, Mac OS X and Linux, while popular mobile operating systems include Android, Apple iOS, Windows Phone 7, HP/Palm Web OS, BlackBerry OS etc. Most modern consumer electronics such as digital TVs, microwave ovens, set-top boxes etc. also need operating systems to function but usually, that only involves loading the operating system and running it in a predefined manner. That brings us to ROM. Technical Definition of ROM ROM stands for Read-Only Memory and technically speaking, it refers to the internal storage of a device, which is supposed to contain the operating system instructions that needn’t be modified at all during the device’s normal operation. For th